petisi-international-aids-candelight-and-festival-indonesia-2012
29
May

Petisi Remaja International AIDS Candlelight Festival 2012

PETISI REMAJA

 

Kami, remaja peserta Forum Remaja di International AIDS Candlelight Festival yang diselenggarakan di Jakarta 26 Mei 2012 menyatakan petisi kami dalam mendukung tersedianya Pendidikan Seksualitas yang Komprehensif, Pelayanan Kesehatan Ramah Remaja, serta Keterlibatan Nyata Remaja. Kami menyepakati, bahwa remaja merupakan entitas tunggal yang memiliki risiko bervariasi terhadap infeksi HIV. Untuk itu kami meminta pemerintah dan masyarakat sipil untuk memberikan pendidikan seksualitas yang komprehensif, pelayanan kesehatan yang ramah untuk remaja serta keterlibatan remaja dalam pengembangan, pelaksanaan dan monitoring serta evaluasi kebijakan dan program terkait remaja.

Kami yakin bahwa remaja memiliki peran penting untuk dilibatkan dalam kerjasama yang sepadan dan perumusan kebijakan dalam mengembangkan suatu pendidikan seksualitas yang komprehensif, pelayanan kesehatan ramah remaja, dan keterlibatan remaja. Melalui petisi ini kami mendesak seluruh pemangku kepentingan, pengambil kebijakan, organisasi kemasyarakatan, masyarakat umum untuk bersama-sama mewujudkan kerjasama hingga terbentuk suatu kebijakan yang mendukung implementasi ketiga hal tersebut.

SELURUH REMAJA PESERTA FORUM REMAJA MENDUKUNG:

Optimalisasi kerangka kerja ICPD (International Conference on Population Development) dan MDGs dengan tindakan yang konsisten dari pemerintah melalui perubahan kebijakan positif untuk populasi, kesehatan, dan lingkungan serta memberikan kontribusi yang signifikan pada pendidikan seksual yang komprehensif bagi remaja Indonesia, pelayanan kesehatan yang ramah remaja serta keterlibatan remaja.

Upaya yang dilakukan untuk memberikan pelayanan kesehatan reproduksi ramah remaja, yang sesuai dengan usia, sensitif gender, dan multi identitas sebagai investasi yang tak ternilai bagi masa kini dan masa depan generasi remaja yang sehat, berkualitas, dan optimal.

Kemitraan yang sepadan antara pemerintah dan masyarakat sipil dengan remaja dalam semua level penyusunan desain, implementasi, monitoring dan evaluasi pendidikan seksualitas yang komprehensif dan pelayanan kesehatan reproduksi dan seksual ramah remaja.

KAMI MENDORONG PEMERINTAH DAN MASYARAKAT SIPIL DI INDONESIA UNTUK MEWUJUDKAN:

  • Pendidikan seksualitas yang bersifat menyeluruh (komprehensif) yang disusun berdasarkan prinsip multidisiplin dan penghargaan terhadap hak asasi manusia.
  • Pendidikan seksualitas yang sesuai dengan usia kelompok sasaran dan menyediakan kesempatan untuk berdaya.
  • Pendidikan seksualitas yang tidak hanya terbatas pada upaya pencegahan, perawatan dan dukungan terhadap permasalahan kesehatan seksual dan reproduksi, termasuk HIV dan AIDS.
  • Pendidikan seksualitas yang disusun berdasarkan temuan ilmiah, sensitif terhadap budaya, namun juga mempertimbangkan keberagaman remaja.
  • Pelayanan kesehatan seksual dan reproduksi ramah remaja yang dapat diakses secara terjangkau, dapat diterima, layak, komprehensif, efektif dan efisien.
  • Penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan seksual dan reproduksi yang melibatkan remaja dalam proses perencanaan, penyelenggaraan, monitoring, dan evaluasi.
  • Pemerataan standar operasional dan pelatihan khusus kepada seluruh tenaga kesehatan dan staf terkait dalam rangka mewujudkan penyediaan pelayanan kesehatan seksual dan reproduksi.
  • Adanya penyadaran dan jaminan perlindungan hukum kepada remaja, tenaga kesehatan, dan staf tenaga terkait dalam pelayanan kesehatan reproduksi dan seksual ramah remaja.
  • Keterlibatan nyata anak muda dengan prinsip kerja sama dengan orang dewasa yang setara dalam tahap pengembangan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi kebijakan dan program terkait remaja.

PEMENUHAN HAK-HAK TERSEBUT MEMBUAT REMAJA INDONESIA TUMBUH DAN BERKEMBANG SECARA OPTIMAL SERTA BISA BERKONTRIBUSI NYATA TERHADAP PEMBANGUNAN

 

 

Post a Comment